5 Tips Untuk Peserta Kursus Pemrograman

Dedi Setiawan

Mengikuti kelas kursus pemrograman memang menyenangkan. Selain dapat mengasah skill coding, kita juga dapat menambah wawasan dan relasi di sepanjang sesi kelas pemrograman. Meskipun materi kursus sudah dibawakan oleh mentor yang sudah teruji, nampaknya masih ada beberapa orang yang merasa kesulitan dalam menyerap materi yang dibawakan. 


Anda juga merasakan hal yang sama? Ingin mendapatkan tips demi mudahnya berlajar di kelas kursus pemrograman? Simak artikel kami yang berikut ini yuk! Selamat menyimak!

1. Kuatkan Kembali Niat Dan Kenali Tujuan

Sebelum mendaftar ke kelas kursus pemrograman, Anda tentu memiliki niatan dan tujuan masing-masing. Entah itu tujuan yang berskala kecil ataupun berskala besar, Anda tentu memilikinya bukan? Bilapun masi belum mantap, segerakanlah untuk menguatkan niat yang Anda miliki.

Sekecil apapun niat dan tujuan Anda, bila itu positif, Anda akan mendapatkan kebaikan di kemudian hari. Untuk itu, jangan lupa untuk mencatat tujuan itu di secarik kertas ya! Tempelkan catatan tadi ke dinding, agar dapat Anda baca saat Anda sedang mengalami kelesuan di suatu hari nanti.
Baca Juga: 10 Tips Sukses Belajar Coding untuk Pemula

2. Tentukan Bahasa Pemrograman Yang Ingin Anda Kuasai Sedari Awal

Dunia pemrograman adalah dunia yang cukup luas. Terdapat banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang dapat dipelajari, dan Anda tidak mungkin menguasai kesemuanya sekaligus, dalam waktu yang bersamaan.

Butuh konsistensi, dan latihan keras. Untuk itu, agar langkah Anda makin mudah, segera tentukan bahasa pemrograman yang hendak Anda kuasai ya! Merasa bingung? Konsultasi saja ke mentor yang siap menjawab pertanyaan Anda. Oke?

3. Buat Prototipe Program Dengan Sebaik Mungkin Di Kelas Kursus Pemrograman

Di hampir setiap sesinya, kelas pemrograman akan selalu memberikan study kasus untuk dipecahkan dalam sebentuk program. Meskipun program tadi dapat Anda buat ala kadarnya, bukankah lebih bagus bila Anda maksimalkan proses dan fitur pembuatannya? Siapa tau saja, program tersebut dapat Anda jadikan ujung tombak catatan portofolio Anda kan?

4. Jangan Malu Bertanya Pada Mentor Yang Mengajar Di Kelas

Menjumpai kebuntuan saat menemukan masalah ketika trouble shooting sebuah bug? Tanya-tanya ke mentor yuk! Meskipun para mentor tidak akan membocorkan jawaban begitu saja, Anda pasti akan tercerahkan dengan clue yang diberikan oleh mereka.

5. Tetaplah Konsisten Hadir Di Kelas Meskipun Sedang Merasa Agak Malas

Merupakan sebuah kewajaran bila di suatu moment tertentu Anda merasa malas untuk beraktivitas. Meskipun begitu, jangan sampai rasa malas Anda membuat Anda tidak hadir di kelas pelatihan ya! Siapa tau saja ada kejutan yang sudah dipersiapkan mentor Anda di sesi kelas nanti.

Selain itu, Anda juga punya niat dan tujuan yang ingin Anda raih kan? Masa iya sih mau bermalas-malasan?

Menjadi seorang programmer memang butuh ketekunan. Dan yang menjadi salah satu faktor utama dalam kesuksesan seseorang untuk menjadi ahli dibidang programming adalah dengan memilih tempat kursus pemrograman yang tepat. CodeFYI adalah salah satu kursus pemrograman di Jakarta yang bisa menjadi solusi untuk meningkatkan skill programming anda. Kunjungi website CodeFYI untuk informasi lebih lanjut.