5 Tips Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

Dedi Setiawan

Kemajuan akan teknologi semestinya menjadi awal yang baik bagi sebagian besar masyarakat di dunia. Tak hanya membantu meringankan pekerjaan saja, tapi banyak akan manfaat lainnya yang akan di dapatkan dengan adanya kemajuan teknologi. Salah satunya, kita akan merasakan manfaat luar biasa dari teknologi yang semakin berkembang pesat. 


Namun, Ada sebagian orang yang belum mengerti dan mengikuti perkembangan teknologi. Dan hal ini, dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu diantaranya adalah faktor ekonomi. Beberapa orang dengan kondisi ekonomi yang bisa di bilang menengah kebawah, biasanya lebih memilih untuk memanfaatkan sesuatu seadanya. Seperti misalnya dia tidak memilih untuk memiliki smartphone, menggunakan teknologi internet, dan memiliki benda benda yang telah mempunyai kemampuan teknologi yang sudah berkembang. 

Dilain sisi, ada pula yang tengah memanfaatkan perkembangan teknologi ini dengan ladang uang. Banyak orang yang tengah mencari dan menemukan uang melalui pemanfaatan kemajuan teknologi. Seperti misalnya, mereka memilih untuk berbisnis online. 

Dalam berbisnis online, sebagian orang yang tengah mahir (berpengalaman) ini biasanya akan dengan mudah mendapatkan uang melalui internet atau yang sering disebut sebagai bisnis online. Akan tetapi, sebagian orang juga yang belum mahir tentu sangat kesulitan dalam mendapatkan uang. Bagaimana dengan anda? Jika anda adalah salah satu orang yang belum mahir dan tentu belum memiliki pengalaman apapun tentang bisnis online ini, dan anda bingung ingin darimana untuk memulainya maka disini akan kami berikan tips yang sangat sederhana bagaimana menjalankan bisnis online dari nol untuk pemula seperti anda. 

Sebelum menjelaskan lebih lanjut, anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu bisnis online dan beberapa pengertian sederhana. 

Pengertian bisnis online merupakan sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya, seperti menjual software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer. Berbeda dengan bisnis offline, yang mengharuskan anda bertatap muka langsung dengan customer. Perbedaan lainnya yakni, dalam bisnis online tidak terlalu banyak memakan modal yang besar dibanding dengan bisnis offline yang banyak makan modal. Sebaiknya, anda perlu mengetahui akan kelebihan dan kekurangan bisnis online dibawah ini: 

Kelebihan Bisnis Online

  • Tidak memerlukan tempat usaha luas layaknya bisnis offline. Bahkan anda bisa mendapatkan konsumen hanya dari rumah. 
  • Pangsa pasar yang lebih luas karena pemasaran menyentuh berbagai tempat. 
  • Biaya operasional yang efisien 
  • Promosi menjadi lebih tepat sasaran 
  • Pembeli tidak perlu mengunjungi tempat penjual. Pembeli dapat memilih barang dari rumah. 

Kekurangan Bisnis Online 

  • Memerlukan pengetahuan dan skill berbisnis melalui internet 
  • Membutuhkan koneksi internet 
  • Proses membangun bisnis online tidak mudah 
  • Persaingan usaha yang cukup ketat 
  • Penyebaran internet belum merata 

Setelah anda cukup memahami akan kelebihan dan kekurangan bisnis online, selanjutnya anda dapat memahami Cara untuk Memulai Bisnis Online dari Nol Bagi Pemula. 

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol 


1. Tanamkan Mindset Bisnis yang Benar 

Pondasi yang paling mendasar dan utama adalah mindset, untuk itu anda harus punya mindset yang benar yakni berupa berani untuk memulai, fokus, tidak berfikir instan. 

2. Tentukan Apa Tujuan Anda Berbisnis Online 

Anda harus memiliki tujuan utama dalam berbisnis online. Tentu anda harus bertujuan yang sangat jelas. Semua tujuan yang hendak anda capai bisa ditulis dalam catatan tersendiri dan jangan lupa siapkan target yang realistis dan terstruktur dalam bisnis online anda. 

3. Tentukan Niche atau Segmentasi Pasar 

Pilihlah niche yang paling banyak menghasilkan uang, Pilihlah niche yang sesuai pengetahuan anda. Artinya, anda harus menguasai niche tersebut dan minimal memiliki pengetahuan yang cukup. Selanjutnya, pilihlah niche yang memiliki prospek yang bagus. Terakhir jangan memilih niche yang terlalu umum. 

Berbicara mengenai niche, biasanya ini digunakan untuk dunia blog dan atau website. Website yang bagus biasanya memiliki hosting yang bagus dan kuat serta tahan banting. Kami merekomendasikan anda menggunakan Niagahoster untuk situs website anda agar kuat dan tahan banting serta mampu bersaing dalam pasar. Hal ini, dikarenakan Niagahoster adalah perusahaan Hosting Indonesia yang telah lama berdiri dan memiliki catatan rekor yang luar biasa serta tengah berpengalaman dibidang perhostingan. 

4. Bangunlah Media untuk Pemasaran 

Media yang dimaksudkan adalah sarana atau wadah dalam pemasaran anda. Anda bisa menggunakan media berikut : 
  • Blog 
  • Marketplace 
  • Social Media 

5. Carilah Mentor yang Tepat 

Untuk memulai bisnis online, tak jarang yang tengah sukses dengan atau tanpa mentor. Hal yang paling mendasar adalah dengan adanya mentor yang tepat. Anda bisa memilih dan mencari mentor yang tepat agar ada seseorang yang nantinya bisa mengarahkan jalan anda dalam memulai bisnis online.Jikapun dirasa belum ada mentor, anda bisa memulainya dengan otodidak atau dengan mencari-cari informasi sendiri di internet perihal bisnis online. Tapi, ini sangat tidak dianjurkan. Maka dari itu, sebaiknya anda mencari mentor yang tepat. Banyak kok, yang tengah mendirikan private bisnis online di internet.