5 Cara Cek Pulsa SmartFren dengan Mudah, Benar dan Akurat

Dedi Setiawan

Cara Cek Pulsa SmartFren - ANUCARABagi anda pengguna baru kartu Smartfren mungkin ingin mengetahui cara cek Pulsa Smartfren? Smartfren yang kini sudah bermigrasi ke 4G-LTE memberikan beberapa penawaran baru dengan banyaknya internet murah yang ditawarkan mulai dari paket internet murah, bonus kuota smartfren, paket smartphone murah dengan bonus internet, hingga modem Mifi yang beragam kelebihan. Melalui berbagai konsep, Smartfren mencoba menjaring sebanyak mungkin pengguna baru untuk menikmati layanan cepat 4G dari Smartfren. Layanan jaringan 4G-LTE dari Smartfren kini bisa digunakan di semua ponsel yang sudah mendukung 4G. Paket kuota data internet yang ditawarkan juga sangat beragam dengan berbagai masa aktif sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 


Namun untuk membeli paket internet Smartfren tentunya menggunakan pusla reguler kita dengan salod yang mencukupi. Lalu bagaimana cara cek pulsa Smartfren untuk mengetahui sisa pulsa yang kita miliki? 

Cek pulsa Smartfren memang perlu diketahui bagi pengguna smartfren untuk melakukan kontrol terhadap penggunaan pulsa dan engantisipasi pulsa habis di saat-saat tertentu, terlebih bagi yang sering menggunakan telepon atau sms. Terlebih bagi yang berlangganan paket internet yang pembeliannya menggunakan pulsa, tentunya tidak ingin kehabisan paket internet dan tak bisa langsung membeli paket internet akibat pulsa reguler habis. 

Cara cek pulsa Smartfren kini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bagi pengguna smartphone kini dimudahkan dengan adanya aplikasi berbasis android dari Smartfren dengan nama MySmartfren. Aplikasi ini cukup lengkap untuk mendapatkan informasi seputar kartu anda mulai dari sisa pulsa, kuota, dan juga masa aktif kartu. Selain menggunakan aplikasi, cara yang lebih sederhana bisa melalui SMS. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara cek pulsa Smartfren dengan berbagai media : 

Cara Cek Pulsa SmartFren


Untuk mengetahui sisa saldo pulsa reguler dari kartu Smartfrren yang anda pakai, anda bisa mengeceknya melalui berbagai cara, diantaranya : 

1. Cara Cek Pulsa Smartfren Melalui Layanan *999 

Cara yang paling mudah dan simple untuk mengetahui pulsa kita adalah dengan cara melakukan dial number *999 pada ponsel kita. Caranya seperti melakukan panggilan biasa, ketik *999 kemudian Panggil atau tekan tombol hijau. Kemudian sesaat kemudian akan muncul informasi mengenai sisa pulsa yang anda miliki dan juga info masa aktif kartu Smartfren anda. Dengan cara ini, detail nomor kartu Smartfren anda juga akan muncul. 

2. Cara Cek Pulsa Smartfren Melalui SMS 

Selain dengan akses layanan menu *999, cara cek pulsa smartfren juga bisa anda lakukan dengan cara mengirim SMS. Cukup buat pesan dengan format CEK dan kirim ke 999. Tunggu beberapa saat, anda akan mendapatkan SMS balasan yang berisi info pulsa dan masa aktif dari kartu Smartfren yang anda gunakan. Layanan Cek pulsa menggunakan SMS ini tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Selain menggunakan Format CEK, anda juga bisa menggunakan format CHECK. Anda bsia memilih salah satunya. Untuk format CHECK sebenarnya ditujukan bagi pengguna smartfren di Indonesia namun yang terbiasa menggunakan bahasa inggris, seperti warga negara asing. Format SMS dengan CEK juga bisa digunakan untuk melakukan cek kuota Smartfren, bedanya SMS dikirimkan ke nomor 995 untuk melakukan pengecekan kuota internet. 

3. Cara Cek Pulsa Smartfren Melalui Panggilan 

Dari dua cara mudah di atas, masih ada cara cek pulsa Smartfren dengan cara yang lebih mudah lainnya, yaitu dengan cara melakukan panggilan. Hanya dengan membuka menu panggilan dan tekan 999 kemudian panggil. Tunggu hingga suara operator terdengar. Sisa pulsa anda dan masa aktif kartu akan dibacakan dan diulang sebanyak 2 kali. Melalui cara ini juga anda bisa mengakses info masa aktif dan sisa kuota internet dan bonus yang anda miliki. Cukup mudah bukan? 

4. Cara Cek Pulsa Smartfren Melalui MySmartfren 

Bagi pengguna smartphone berbasis android atau pengguan iPhone, anda bisa menginstall aplikasi MySmartfren untuk melakukan pantauan terhadap kartu Smartfren yang anda gunakan baik penggunaan pulsa maupun memantau penggunaan kuota internet. Dengan aplikasi MySmartfren ini segala informasi seputar kartu Smartfren yang anda gunakan sekaligus mendapatkan informasi terbaru dari Smartfren secara cepat langsung ke ponsel anda. Uniknya Aplikasi ini juga dilengkapi dengan layanan kontak ke customer service dengan chat langsung pada Cs jika membutuhkan informasi atau memiliki pertanyaan seputar produk Smartfren. Untuk versi terbarunya, aplikasi ini juga sudah mendukung untuk Mifi modem dengan model M3Y dan M3Z. 

Untuk cek pulsa menggunakan aplikasi ini, cukup login ke aplikasinya dan anda akan langsung tertera jumlah pulsa yang masih anda miliki saat ini. Bagi pengguna yang belum memasang aplikasinya, anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui aplikasi Google Playstore untuk pengguna Android dan pengguna iPhone bisa mengunduhnya melalui iStore. Setelah itu pasang atau install seperti biasa. Jika sudah terinstall, anda bisa melakukan registrasi untuk mendapatkan akun baru. Lakukan registrasi sesuai petunjuk hingga proses pendaftaran selesai. Jika username dan password sudah didapatkan anda bisa login ke aplikasinya. Di dalam aplikasi MySmartfren anda bisa mendapatkan info sisa pulsa, masa aktif kartu dan juga paket internet yang sedang aktif untuk anda berlangganan paketnya. 

Ada yang menarik dari penggunaan aplikasi ini. Smartfren mengapresiasi pengguna setia dengan menghadirkan program Smart Point sebagai bentuk terima kasih terhadap pelanggan Smartfren baik prabayar maupun pascabayar. Bentuk apresiasi ini diberikan kepada pelanggan dalam bentuk poin setiap pelanggan melakukan pembelian paket data melalui My Smartfren. Poin ini dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan beragam pilihan hadiah menarik. Setiap melakukan pembelian paket data dengan minimal Rp. 20.000 melalui MySmartfren maka akan mendapatkan poin sebanyak 200 poin. Hal ini berlaku kelipatan sehingga semakin tinggi harga paket, semakin besar persentase poin yang didapat. 

Penukaran poin dapat dilakukan melalui aplikasi ini. Anda bisa memilih pilihan hadiah pada katalog yang tersedia sesuai besarnya poin yang dimiliki. Poin dapat ditukarkan dengan pilihan hadiah seperti: 
  • Pulsa Smartfren 
  • Produk dan diskon dari merchant yang bekerja sama dengan Smartfren (lazada, dinomarket, bilna, dll) 
  • Handphone 

5. Cara Cek Pulsa Smartfren Melalui Website 

Cara cek pulsa dengan website juga bisa anda gunakan layaknya cara cek kuota Smartfren. Cara ini cocok untuk pengguna kartu Smartfren dengan Modem. Cara ini juga bisa digunakan bagi pengguna Smartphone baik 3G maupun 4G. Caranya buka browser apapun dan kunjungi https://my.smartfren.com. Setelah itu, jika anda baru menggunakan cara ini anda harus melakukan pembuatan akun untuk login ke dalam website ini. Klik ‘buat akun’ (tombol merah) dan ikuti petunjuk pendaftarannya hingga selesai. Pendaftaran membutuhkan email sebagai konfirmasi. Jika sudah memmiliki akun, anda bisa langsung login ke dalam website. Setelah login anda akan mendapatkan informasi terkait kartu anda termasuk sisa pulsa anda. Pada website ini anda juga bisa melakukan perubahan data dari kartu anda jika ada perubahan data pemilik kartu. 

Nah, beberapa cara cek pulsa Smarfren di atas bisa anda coba sesuai dengan situasi dan kebutuhan anda. Bagi yang tidak ingin cara cek pusla Smartfren yang ribet, cara pertama dan kedua bisa anda gunakan karena lebih simple dan lebih cepat. Namun jika terjadi gangguan, cara ketiga bisa anda jadikan pilihan. Bagi yang sudah memiliki aplikasi MySmartfren tentunya cara cek pulsa dengan aplikasi ini akan lebih mudah dan cepat, tetapi bagi yang belum memiliki akan memakan banyak waktu jika hanya untuk cek pulsa. Aplikasi ini lebih utama fungsinya digunakan sebagai aplikasi untuk urursan yang berkaitan dengan internet seperti cek kuota Smartfren, atau pembelian paket internet. Jika anda berselancar di internet dengan pc atau lapto, cara cek melalui website tentunya lebih mduah tanpa perlu kita berpindah media. Demikan beberapa cara cek pulsa Smarfren yang bisa anda gunakan. Pastikan anda selalu melakukan pengecekan pulsa reguler smartfren anda untuk menghindari kehabisan pulsa pada kondisi yang membutuhkan pulsa atau pembicaraan via telepon penting yang tiba-tiba terhenti akibat pulsa yang habis, Salam.