Harga Tiket Kereta Api Jakarta - Bandung Terbaru Bulan Ini 2018 Update

Berikut ini langsung kami hadirkan informasi lengkap mengenai daftar Harga Tiket Kereta Api Jakarta - Bandung Terbaru untuk memudahkan anda menemukan informasi mengenai harga tiket kereta api, tiket kereta api terbaru, cara membeli tiket kereta api dan apa saja yang perlu disiapkan sebelum naik transportasi kereta api.


Harga Tiket Kereta Api Argo Parahyangan yaitu sebagai berikut :

Rute Harga Tiket (Rp)
  • Bandung - Jakarta Timur (Jatinegara)
  • Jakarta Pusat (Gambir) - Cimahi
  • Mulai dari Rp. 70.000,- sampai dengan Rp. 120.000
  • Mulai dari Rp. 70.000,- sampai dengan Rp. 120.000

Harga Tiket Kereta Api Jakarta - Bandung - ANUCARA | Kereta Api meupakan salah satu alat transportasi yang cukup populer dan masih eksis hingga saat kini. Banyak masyarakat yang menggunakan alat transportasi kereta api oleh karena alat transoprtasi tersebut sangat terjangkau dan cukup efisien. Sehingga dengan itu tidak aneh lagi pada saat tertentu alat transoprtasi tersebut selalu ramai dari penumpang, seperti halnya pada saat libur panjang dan libur lebaran maupun hari libur besar keagamaan lainnya.


Kereta Api adalah salah satu angkutan massal yang efisien yang dapat mengangkut jumlah penumpang yang banyak, sehingga hal tersebut sangat pas digunakan untuk alat transportasi masal perkotaan pada koridor padat, namun selain itu juga kereta api digunakan untuk alat transoprtasi penumpang dengan jarak menangah hingga jarak jauh sekalippun. Dari segi tenaga penggerak kereta api terdiri dari empat jenis yang diantaranya seperti Kereta api uap, kereta rel listrik, kereta api diesel, dan kereta api daya magnit atau disebut juga Maglev.

Kereta Api Uap awal pertama beroperasi di Indonesia sejak tahun 1867, yang mana awalnya dibangun di Kota Semarang. Pada umumnya Kereta Apu Uap menggunakan lokomotif produksi dari Negara Iggris, Jerman, Belanda, dan Amerika Serikat, namun dari ke empat negara tersebut yang paling banyak digunakan yaitu produksi dari Jerman. Untuk kereta api diesel terbagi menjadi 2 kelompok yang diantaranya Lokomotif diesel dan kereta rel diesel. Sedangkan untuk kereta rel Listrik di Indonesia telah beroperasi di kawasan Jabodetabek dan Banten.

Kereta Rel Listrik atau disingkat KRL pertama kali digunakan pada tahun 1925 yang mana pada saat itu menghubungkan Batavia dengan Meester Cornelis atau Jatinegara. Selanjutnya sekitar tahun 1960-an Kereta dengan tenaga listrik sempat tak dipergunakan selama kurun waktu tertentu karena mesin lokomotif dalam kondisi yang tak memadai. Dan pada akhirnya pada tahun 1976, PJKA mendatangkan beberapa kereta listrik buatan Jepang. Hingga kini KRL telah melakukan pelayanan dengan berbagai rute dari Jakarta Kota, Bogor, Depok, Bekasi, Serpong, Tangerang, Parung Panjang, Maja, hingga rute terbaru telah menjangkau Rangkasbitung.

Harga Tiket Kereta Api Jakarta Bandung

Para penumpang saat ini dapat dengan mudahnya memilih kereta api dengan rute tujuan Bandung, anda dapat melakukan pemesanan tiket dengan cara online melalui situs – situs penjualan tiket. Adapun nama kereta api yang melayani rute Jakarta – Bandung yang disediakan PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI) yaitu seperti Argo Parahyangan (rute Gambir – Bandung), Argo Parahyangan Fak (rute Gambir – Bandung), Argo Parahyangan Tambahan (rute Gambir –Bandung), Argo Parahyangan (rute Gambir – Cimahi), Serayu Pagi (rute Psar Senen – Kiara Condong), Serayu Malamm (rute Pasar Senen – Kiara Condong).

Adapun beberapa stasiun yang berada di Kota Jakarta yang diantaranya Gambir, Jatinegara, Pasar Senen, Manggarai, sedangkan stasiun yang berada di Bandung diantaranya yaitu Stasiun Bandung, Cimahi dan Kiaracondong.

Perjalanan Jakarta menuju Bandug yang menempuh jarak sekitar kurang lebih 173 Km yang mana melewati alam pegunungan yang ditempuh dengan rata - rata waktu sekitar 3 jam. Kereta Api Argo Parahyangan melayani rute Jakarta –Bandung setiap harinya sebanyak 6 kali pada weekdays atau hari biasa hingga 7 kali pada Weekend atau akhir pekan / libur tanggal merah. Jadwal keberangkatang Kereta Api Argo Parahyangan mulai dari Pukul 05.00 WIB, 06.30 WIB, 12.00 WIB, 14.30 WIB, 16.30 WIB, dan 19.50 WIB sedangkan jam tiba atau kedatangan mulai dari pukul 08:01 WIB, 09:34 WIB, 14:57 WIB, 17:22 WIB, 19:34 WIB, dan 22:39 WIB.

Kereta Api yang disediakan PT KAI dengan rute Jakarta menuju Bandung terdiri dari 3 kelas yakni Ekonomi, Bisnis, dan Eksekutif.

Fasilitas Kelas Bisnis

Untuk kelas Bisnis terdapat fasilitas di dalamnya sebagai berikut :
  • Tempat duduk : Kapasitas tempat duduk sebanyak 64 buah per gerbing keretanya, dengan desain yang egonomis, dan Reversing seat system.
  • Pintu Ruangan : Sistem geser manual
  • Interior : Desain telah disesuaikan dengan beberapa aspek estetika, kenyamanan dan keselamatan, dan dilengkapi isolasi panas (tidak mudah terbakar).
  • Penyegar Ruangan : Fan (kipas angin)
  • Jendela : Lapisan isolator panas dan kaca bisa dibuka pada bagian atas
  • Fasilitas Safety atau Keselamatan : Emergency Brake dan APAR atau tabung pemadam kebakaran
  • Fasilitas lain : Toilet

Fasilitas Kelas Eksekutif

Untuk Kelas Eksekutif yang diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Tempat duduk : Kapasitas tempat duduk sebanyak 50 buah per gerbong kereta, dilengkapi dengan sandarak kaki dan meja statis, Desain ergonomis, dan Reclining dan revolving seat system.
  • Jendela : Lapisan laminasi isolator panas yang telah dilengkapi dengan tirai, kaca tetap dupleks
  • Pintu Ruangan : Sistem geser otomatis
  • Interior : Desain telah disesuaikan dengan beberapa aspek estetika, kenyamanan dan keselamatan, dilengkapi peredam suara dan isolasi panas.
  • Penyegaran Ruangan : 2 set AC (air conditioner) per gerbong kereta dengan suhu 21 derajat hingga 26 derajat
  • Fasilitas Keselamatan : Tabung APAR atau tabung pemadam kebakaran dan Emergency brake
  • Fasilitas lain : Toilet
  • Jenis Bogie : K5/TB398 dan K8/NT.60 dengan system suspensi ganda : rubber pad dan coil spring serta bolster anchor dan vertical shock absorber.
Para penumpang Kereta Api dapat dengan bebas memilih kelas yang telah disediakan oleh PT. KAI. Apabila anda sebagai penumpang yang hanya mempunyai dana minim maka anda dapat memilih Kereta api dengan kelas ekonomi, namun sebagai konsekuensinya fasilitas yang disediakan dalam kelas ekonomi tersebut sangat terbatas dan standar. Adabaiknya anda yang memiliki uang lebih maka anda dapat memilih kereta api dengan kelas Bisnis maupun Eksekutif, karena dengan anda memilih kereta api kelas tersebut maka anda akan merasakan lebih nyaman dan memiliki kelebihan dalam hal fasilitas terutama dalam kelas eksekutif yang menawarkan fasilitas yang lengkap.

Harga tiket kereta api Jakarta menuju Bandung dapat saja mengalami kenaikan tarif pada saat tiba datangnya liburan ataupun hari besar keagamaan atau libur nasional lainnya. maka dari itu para penumpang kereta api agar selalu mengikuti perkembangan informasi yang ditetapkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI)
Mau pergi ke luar kota atau liburan pake Kereta Api? Cek Harga Tiketnya dulu...
Daftar Tujuan KA Harga Tiket (Rp. )
Tiket Kereta Api Ekonomi 27.000 - 365.000
Tiket Kereta Api Jakarta - Jogja 74.000 - 430.000
Tiket Kereta Api Jakarta - Bandung 70.000 - 120.000
Tiket Kereta Api Jakarta - Surabaya 104.000 - 495.000
Tiket Kereta Api Surabaya - Jakarta 104.000 - 495.000
Tiket Kereta Api Surabaya - Jogja 80.000 - 285.000
Tiket Kereta Api Jogja - Surabaya 115.000 - 285.000
Tiket Kereta Api Bandung - Jakarta 75.000 - 120.000

Demikian informasi mengenai Harga Tiket Kereta Api Jakarta Bandung, dan apabila anda berniat untuk melakukan perjalanan menuju Bandung maka sebaiknya persiapkan diri anda mulai dari biaya yang akan dikeluarkan hingga persiapan fisik dan keselamatan anda agar anda selamat sampai tujuan. Terimakasih